Mengenal Valve Beserta Jenis-Jenisnya

Mengenal Valve dan Jenis - jenisnya
Mengenal Valve dan Jenis – jenisnya

Mengenal Valve Beserta Jenis-Jenisnya – Valve atau disebut dengan katup merupakan sebuah perangkat yang mengatur, mengarahkan maupun mengontrol aliran dari suatu cairan baik berupa gas, cairan, padatan terfluidisasi dengan membuka, menutup, atau menutup sebagian dari jalan alirannya.

Untuk mengoperasikan valve dapat secara manual dengan mengubah posisi sudut sebuah pegangan atau tuas, pedal ataupun  roda. Di dalam bidang industri dan dunia mekanikal elektrikal selain manual, valve banyak digunakan sistem pengoperasian secara otomatis dengan pengontrol, diantaranya ialah dengan tenaga hydraulik, pneumatik serta elektrik.

Jenis – jenis dari valve atau katup bisa disimak berikut ini:

1. Ball Valve

ball-valve

Ball Valve ini bisa dioperasikan pada fluida yang memiliki temperatur -450°F sampai -500°F. Ball valve ialah tipe quick opening valve yang hanya memerlukan 1/4 putaran dari posisi tertutup penuh ke terbuka penuh.

2. Gate Valve

gate-valve

Gate Valve ini didesain untuk membuka serta menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh. dikarenakan sistem kerjanya hanya membuka dan menutup, maka valve ini sangat tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam mengontrol volume aliran di dalam pipa.

3. Plug Valve

plug-valve

Plug Valve mempunyai fungsi yang sama dengan gate valve yaitu dengan menutup atau membuka aliran secara keseluruhan. Akan tetapi, beberapa pengaplikasian jenis valve ini hanya dipakai untuk mengontrol aliran gas, seperti transportasi gas melalui pipa.

4. Diaphragm Valve

diaphragm-valve

Diaphragm Valve mempunyai kelebihan yakni mempunyai aliran yang tenang serta fluida akan mengalir tanpa hambatan, valve jenis ini baik untuk flow control serta penutupan aliran yang sangat rapat walau di dalam jalur pipa terkandung suspended solid. Diaphragm valve sangat cocok dipakai untuk fluida yang korosif, viscous material, fibrous materials, sludges, solids in suspension, gas serta udara bertekanan.

Baca Juga  Cara Pencegahan Kavitasi pada Pompa Sentrifugal

5. Globe valve

globe-valves-alkonusa

Globe Valve ialah valve yang memiliki arah gerak linier dan dirancang sebagai stopping ( menghentikan aliran), membuka aliran dan mengatur aliran. Disk globe valve bisa benar-benar menutup sebuah aliran .

6. Butterfly Valve

butterfly-valve

Butterfly Valve adalah jenis valve yang memiliki desain yang sederhana dan umumnya cuma dipakai untuk aliran bertekanan rendah. Desainnya yang sangat sederhana tersebut, sehingga dalam mengontrol aliran, untuk membuka penuh dan menutup penuh hanya diperlukan 1/4 putaran.

7. Pressure Reducing Valve

pressure-reducing-valve

Fungsi utama dari Pressure Reducing Valve ini ialah untuk menjaga agar tekanan dalam sistem perpipaan selalu konstan, cara kerjanya ialah dengan menurunkan tekanan dari sumber yang mempunyai tekanan lebih tinggi.

8. Pressure Relief Device

pressure-relief-device

Pressure Relief Device digolongkan sebagai safety valve, dipakai untuk mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada sistem proses piping dan mencegah terjadinya kerusakan peralatan. Ada dua jenis safety valve, yaitu relief valve dan pop valve. Relief valve dipakai untuk melepaskan tekanan yang berlebih sedangkan pop valve dipakai untuk aliran bertekanan tinggi. Akan tetapi kedua jenis ini sebaiknya tidak dipakai bila fluida bersifat korosif, melibatkan back-pressure, melibatkan pressure control atau bypass valve.

9. Traps Valve

traps-valve

Traps Valve memiliki fungsi untuk membuang kondensat yang berasal dari perpipaan steam (uap) tanpa adanya steam yang ikut terbuang. Ukuran trap disesuaikan dengan kapasitas discharge aktual atau effective valve area bukan berdasarkan dengan ukuran inlet dan outlet pada sambungan pipa.

Demikianlah pengertian valve beserta jenis – jenis nya. Semoga bermanfaat..

Baca Juga

  • Sistem Pompa dan KegunaanSistem Pompa dan Kegunaan Sistem Perpompaan dan Kegunaannya - Pompa merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk mengubah energi mekanik (Dari mesin penggerak pompa) menjadi energi […]
  • Ini yang Perlu Diperhatikan Agar Lift Tampak IndahIni yang Perlu Diperhatikan Agar Lift Tampak Indah Ini yang Perlu Diperhatikan Agar Lift Tampak Indah - Kontraktor ME, Lift adalah suatu alat yang memiliki fungsi utama sebagai alat angkut ke atas, lift juga dapat […]
  • Cara Menentukan Spesifikasi PompaCara Menentukan Spesifikasi Pompa Cara Menentukan Spesifikasi Pompa - Setelah kita mengetahui bagaiamana sistem pompa dan kegunaanya, kali ini kita akan menentukan bagaimana spesifikasi pompa. Dalam […]
  • Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus DigunakanCara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan - Mekanisasi bangunan, terutama untuk suatu bangunan yang tinggi semakin hari semakin menonjol seiring dengan […]
  • 8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat 8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat - AC (Air Conditioner) merupakan suatu mesin yang di pakai untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan […]
  • Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPEPerbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE - Di dalam pasaran saat ini terdapat tipe pipa PVC serta pipa HDPE. Nah Sebenarnya apa saja yang membedakan pipa PVC dengan pipa […]
Baca Juga  Yuk Mengenal Jenis – Jenis Sanitair Beserta Fungsinya