Mengenal Macam – Macam Saklar Listrik

mengenal-macam-macam-saklar

Mengenal Macam – Macam Saklar ListrikSaklar merupakan perangkat yang dipakai untuk memutus dan menghubungkan aliran listrik. Pada dasarnya, saklar ialah alat yang bisa / berfungsi menghubungkan dan pemutus aliran listrik (arus listrik) baik itu pada jaringan arus listrik kuat maupun pada jaringan arus listrik lemah.

Disini yang membedakan saklar arus listrik kuat dan saklar arus listrik lemah ialah dari bentuknya kecil jika digunakan untuk alat peralatan elektronika arus lemah, demikian pula sebaliknya, semakin besar saklar yang digunakan jika aliran listrik semakin kuat. (Mengenal Jenis – Jenis Kabel Listrik)

Berikut ini merupakan macam – macam saklar, Silahkan di simak:

Saklar Toggle

Saklar toggle

Saklar Toggle menghubungkan dan memutuskan arus dengan cara menggerakkan toggle/tuas yang ada secara mekanis serta ukurannya relatif kecil, pada umumnya dipakai pada rangkaian elektronika.

Saklar Push Button

saklar-push-button-alkonusa

Saklar push button merupakan tipe saklar yang menghubungkan aliran listrik sesaat saja saat ditekan dan sesudah dilepas maka kembali lagi pada posisi off. Saklar tipe ini banyak dipakai pada rangkaian elektronika yang di kombinasikan dengan rangkaian pengunci. (Mengenal Berbagai Jenis Pengaman Rangkaian Listrik)

Selector Switch

saklar-selector-switch-alkonusa

Saklar Pemilih menyediakan beberapa posisi kondisi on dan kondisi off, terdapat dua, tiga, empat bahkan lebih pilihan posisi, dengan berbagai tipe geser maupun putar. Saklar pemilih biasanya dipasang pada panel kontrol untuk memilih jenis operasi yang berbeda, dengan rangkaian yang juga berbeda.

Flow Switch

saklar-flow-switch-alkonusa

Saklar ini dipakai untuk mendeteksi perubahan aliran cair maupun gas di dalam pipa, tersedia untuk berbagai viskositas. Disaat cairan dalam pipa tidak ada aliran, maka kontak tuas/piston tidak bergerak karena tekanan disebelah kanan dan kiri tuas sama. tetapi pada saat ada aliran, maka tuas/piston akan bergerak serta kontak akan berubah sehingga bisa terhubung maupun memutusklan rangkaian.

Baca Juga  Yuk Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran
Float Switch

saklar-float-switch-alkonusa

Saklar level maupun float switch ialah saklar diskret yang dipakai untuk mengontrol level permukaan cairan di dalam tangki. Posisi level cairan dalam tangki dipakai untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Limit Switch

saklar-limit-switch-alkonusa

Limit switch termasuk saklar yang banyak dipakai di industri. Pada dasarnya limit switch bekerja berdasarkan sirip saklar yang memutar tuas karena mendapat tekanan plunger atau tripping sirip wobbler.

Temperature Switch

saklar-temperature-switch-alkonusa

Thermostat atau disebut dengan saklar temperatur, bekerja berdasarkan perubahan temperatur. Perubahan kontak elektrik di-trigger (dipicu) oleh pemuaian cairan yang ada pada chamber yang tertutup (sealed chamber) chamber ini terdiri dari tabung kapiler dan silinder yang terbuat dari stainless steel.

Demikianlah macam – macam saklar beserta penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat. J

Baca Juga

Baca Juga  Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE