Mengelola Dana THR yang Benar untuk Para Pekerja Kontraktor

Ilustrasi THR (malesbanget.com)
Ilustrasi THR (malesbanget.com)

Mengelola THR yang Benar untuk Para Pekerja Kontraktor – THR atau kita menyebutnya Tunjangan Hari Raya yang buasa di berikan perusahaan paling lambat yakni satu minggu sebelum hari raya. Dana ini biasa dipakai untuk keperluan lebaran. Namun terkadang kita lalai dan kalap mata ketika mendapatkan dana lebih dan bersamaan itu juga ada diskon besar – besaran yang bertebaran. Sebagai pekerja kontraktor dan siapapun itu pasti akan merasakan hal yang sama.

Lalu bagaimana cara mengelola dana THR ini supaya tidak lenyap begitu saja ? simak tips mengelola THR yang benar untuk para pekerja kontraktor dibawah ini:

Mendahulukan Kebutuhan yang Sifatnya Wajib

Biasanya sebelum lebaran datang, ada yang namanya pengeluaran sifatnya wajib seperti zakat, dan hutang, khusus hutang alokasikan dana maksimal 30% dari gaji maupun THR.

Buatlah Catatan yang di Biayai dari THR

Kita perlu mencatat seluruh keperluan yang akan di danai dari THR seperti membeli peralatan sholat, dana beli oleh – oleh, makanan lebaran, pakaian baru dan lain – lain. Dari catatan tersebut bisa kita urutkan dari skala prioritas terlebih dahulu mulai dari yang perlu sampai yang kurang begitu perlu.

Jangan Pakai THR Jika Memang tidak Terpaksa

Bila memang kamu perlu membeli tiket mudik, bahan pokok perisapan lebaran dan lain – lain tanpa harus memakai THR, maka simpan saja THR mu. Kembali pada skala priporitas diatas.

Kamu Perlu Menyisihkan 50% dari THR yang Kamu Dapat untuk Persiapan Masa Depan

Dengan adanya Tunjangan Hari Raya sebagai gaji ekstra ini merupakan kesempatan emas bagi kamu untuk persiapan masa depan, maksudnya begini, bila pada biasanya pengeluaran mu sudah pas – pasan, kamu dapat memakai Tunjangan Hari Raya ini untuk melakukan investasi. Kita perlu mengalokasikan dana investasi ke pos – pos yang berbeda, misalkan 10% untuk emas, 10% untuk bayar premi asuransi jiwa yang tidak ditanggung oleh kantor, dan 30% untuk reksadana.

Baca Juga  PT. Alkonusa Teknik Interkon Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran

Hematlah di Saat Bulan Puasa

Dengan berhemat dibulan puasa, pengeluaranmu akan lebih sedikit dan kamu akan memiliki lebih banyak dana di akhir bulan yang berarti, Tunjangan Hari Raya mu tidak perlu di  ganggu gugat.

Mementingkan Keperluan daripada Keinginan

Perlu di ingat, selalu mengeluarkan dana atas apa yang di perlukan, bukan yang diinginkan. Nah khusus anggaran pangan dan papan supaya tidak berlebihan. Kita perlu menanamkan kepada anggota keluarga mengenai konsep makan dan membeli baju secukupnya.

Terakhir, Diskusikan Ini dengan Pasanganmu

Bila kamu sudah memiliki pasangan tsahh, maka lebih baik perlu mendiskusikan alokasi dana THR ini bersama pasanganmu. Bila pasanganmu bekerja, berarti dana Tunjangan Hari Raya yang didapat tentu lebih besar. Maka rencanakan alokasi untuk berbagai pos yang penting bersama – sama pasangan.

Demikian tips mengelola dana THR yang baik. Bila kamu memiliki tambahan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Baca Juga

Baca Juga  Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE