Macam – macam Jenis AC Pendingin Ruangan

Macam – macam Jenis AC Pendingin Ruangan

Macam – Macam Jenis AC Pendingin Ruangan – Setelah sebelumnya kita mengetahui Pentingnya AC Pendingin dalam suatu ruangan, kali ini mari kita bahas mengenai macam – macam AC pendingin yang ada. Karena ternyata banyak jenis AC yang beredar dan memiliki beberapa penggunaan di tiap kondisi yang berbeda.

Nah berikut macam – macam AC pendingin yang perlu kita ketahui:

  • AC Split Wall

AC-Split-Wall

AC Split Wall merupakan AC yang umum dipakai pada rumah, kantor atau berbagai instansi di Indonesia. Banyak di gunakan karena mudah nya dalam perawatan dan support.

AC seperti ini dibagi menjadi dua bagian yakni dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Pada indoor merupakan bagian yang mengeluarkan hawa dingin sedangkan outdoor merupakan bagian / tempat dimana mesin berada.

  • AC Window

AC-WINDOW

AC Window merupakan AC yang memiliki bentuk fisik kota dan dalam penggunaannya tidak memerlukan remote karena tombol control telah terintegrasi dengan AC ini. Namun AC Window sudah tidak di produksi lagi dikarenakan mungkin sudah di anggap ketinggalan zaman dan karena tidak adanya unit outdoor yang membuat AC ini lebih praktis.

  • AC Standing Floor

AC-Standing-Floor

AC Standding Floor merupakan AC yang unit indoornya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena praktis AC ini sering dipakai dalam acara – acara seperti acara ulang tahun, pernikahan, hajat maupun acara lain.

  • AC Casette

AC-Cassete

AC Cassete bagian dalam nya menempel di atas plafon. Jenis AC Cassete memiliki beberapa ukuran mulai dari 1.5 PK sampai dengan 6 PK.

Cara memasang AC Cassete ini memerlukan keahlian khusus serta tenaga yang lebih extra, tidak seperti memasang AC rumah maupun AC Split, yang dipasang sendirian.

  • AC Split Duct / Central
Baca Juga  Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan

AC-Split-Duct-Central

AC Split Duct / Central adalah AC yang cara pendistribusian hawa dinginnya memakai sistem Ducting. Ini artinya AC Split Duct tidak mempunyai pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Tipe AC Split Duct seperti ini biasanya dipakai di mall maupun gedung-gedung yang mempunyai ruangan luas.

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar yang telah dikondisikan dari sumber dingin maupun panas ke ruang yang akan dikondisikan.

Perkembangan desain Ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang serta perawatan yang ini telah PT Alkonusa Teknik Interkon terapkan dalam pengerjaan setiap proyek HVAC guna menjadi Perusahaan Kontraktor ME & HVAC Indonesia Terbaik.

  • AC VRV

pentingnya-air-conditioner-dalam-ruangan

Dan yang terakhir adalah AC VRV. AC VRV merupakan AC yang bisa dibilang canggih untuk saat ini. AC VRV Daikin mempunyai satu outdoor dan beberapa unit Indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, Cassete, Standding Floor, dll.

VRV singkatan dari Variable Refrigerant Volume merupakan sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV sistem ialah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan Computer Inverter serta sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Central, AC Split atau pun AC Split Duct. Jadi dengan VRV sistem, 1 Outdoor bisa dipakai untuk lebih dari 2 Indoor AC dan bisa mengatur jadwal dan temperatur AC yang di inginkan secara tercomputerisasi.

Baca Juga

Baca Juga  Pentingnya AC Pendingin dalam suatu Ruangan