Jenis Hydrant yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis - jenis hydrant (www.wvgazettemail.com)
Jenis – jenis hydrant (www.wvgazettemail.com)

Jenis – Jenis Hydrant yang Perlu Kamu Ketahui – Hydrant merupakan pipa yang dihubungkan ke suplai air untuk menarik air dari saluran utama untuk memadamkan api.

hydrant juga menjadi sumber air yang disediakan di sebagian besar daerah perkotaan, pinggiran kota dan pedesaan dengan pelayanan air kota untuk memungkinkan petugas pemadam kebakaran mengisi pasokan air kota untuk membantu memadamkan api.

Nah sebenarnya ada berapa jenis hydrant sih yang ada? Berikut ini akan kami rangkum beberapa jenis – jenis hydrant yang perlu kamu ketahui.

  • Hydrant Gedung

hydrant-gedung-alkonusa

Hydrant gedung atau hydrant box merupakan suatu sistem pencega h kebakaran yang memakai pasokan air serta dipasang di dalam bangunan maupun gedung.

Hydrant gedung biasanya terpasang menempel pada dinding dan memakai pipa tegak (stand pipe) guna menghubungkan dengan pipa yang ada didalam tanah khusus kebakaran.

Untuk menentukan kebutuhan pasokan air kebakaran memakai perhitungan SNI 03-1745-2000 dan NFPA (National Fire Protection Association).

  • Hydrant Halaman
jenis-hydrant-alkonusa
Hydrant Halaman (www.ebay.com)

Hydrant halaman atau hydrant pilar, merupakan suatu sistem pencegah kebakaran yang memerlukan pasokan air serta dipasang di luar bangunan. Hydrant jenis ini biasanya dipakai oleh mobil Pemadam Kebakaran guna mengambil air jika kekurangan dalam tangki mobil.

Untuk menentukan kebutuhan pasokan air kebakaran menggunakan perhitungan SNI 03-1735-2000.

Ada dua macam hydrant pilar yakni:

Hydrant Barel – Basah

Pada desain hydrant yang bertekanan dengan tipe barel basah, hydrant disambungkan langsung ke sumber air bertekanan. Pada bagian barel dari hydrant selalu diisi dengan air, dan pada tiap saluran mempunyai katup tersendiri dengan batang yang menjorok ke sisi.

Hydrant Barel – Kering

Pada desain hydrant yang bertekanan dengan tipe barel kering, hydrant dipisah dari sumber air bertekanan oleh katup utama di bagian bawah hydrant di bawah tanah.

Bagian atas tetap kering sampai katup utama dibuka dengan memakai alat tertentu. Tidak terdapat katup di saluran tempat keluarnya air.

Hydrant kering dipakai untuk memasok air untuk keperluan pemadaman kebakaran. Hydrant kering bisa dianalogikan sebagai instalasi keran, yang terdiri dari pipa dan keran atau katup yang dipasang secara permanen dimana salah satu dari ujung pipa tersebut terletak di bawah permukaan air danau atau kolam.

  • Standpipes
Baca Juga  Tanda Terjadinya Kavitasi pada Pompa
Standpipes (www.nytimes.com)
Standpipes (www.nytimes.com)

Standpipes merupakan sambungan untuk firehouse pada bangunan serta mempunyai fungsi yang sama layaknya hydrant kebakaran, tapi dalam struktur yang lebih besar.

Baca Juga