Cara Pencegahan Kavitasi pada Pompa Sentrifugal

Cara Pencegahan Kavitasi pada Pompa Sentrifugal

Kali ini Kontraktor Mekanikal Elektrikal Jakarta akan membahas mengenai bagaimana Cara Pencegahan Kavitasi pada Pompa Sentrifugal, setelah sebelumnya telah dibahas mengenai Tanda terjadinya kavitasi pada pompa.

Kontraktor Mekanikal Elektrikal Jakarta

gaya centrifugal

Kavitasi pada dasarnya bisa dicegah dengan memakai pompa yang mempunyai NPSH yang tersedia lebih besar dari NPSH yang diperlukan. Dalam hal ini mengecilkan NPSH yang diperlukan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pihak pembuat pompa. Dipihak lain, menaikkan NPSH yang tersedia harus di usahakan oleh pemakai pompa.

Dalam perencanaan pembuatan pompa, kavitasi bisa dihindari dengan hal-hal berikut ini:

  1. Kecepatan masuk harus dibuat relative rendah. Hal ini berarti bahwa kecepatan spesifik harus dibuat rendah bilamana bahaya kavitasi ada.
  2. Sudut masuk sudu impeller yang rendah bisa mengurangi NPSH yang diperlukan pompa.
  3. Impeler harus diusahakan sehalus mungkin, terutama bagian – bagian yang dekat dengan sisi masuk.
  4. Harus diusahakan untuk membuat sudu yang mencakupi supaya bisa memberikan pengaruh yang baik dan untuk menjaga supaya tekanan cairan pada sudu-sudu tetap rendah.
  5. Pembulatan ujung-ujung impeller pada sisi masuk juga bisa mengurangi terjadinya kavitasi.

Sedangkan dalam perencanaan instalasi pompa, hal – hal berikut ini harus diperhitungkan untuk menghindari kavitasi:

  1. Pipa hisap harus dibuat sependek mungkin. jika terpaksa menggunakan pipa hisap yang panjang sebaiknya memakai pipa yang berdiameter satu nomor lebih besar untuk mengurangi kerugian gesekan.
  2. Tidak dibenarkan memperkecil laju aliran dengan cara menghambat aliran di sisi hisap.
  3. Ketinggian letak pompa terhadap permukaan zat cair yang dihisap harus dibuat serendah mungkin supaya head hisap statis menjadi lebih kecil.
  4. Bila head total pompa sangat berfluktuasi maka pada keadaan head terendah harus dilakukan pengamanan dari bahaya kavitasi.
Baca Juga  Mengenal Berbagai Jenis Pengaman Rangkaian Listrik

Demikian ulasan dari Kontraktor Mekanikal Elektrikal Jakarta mengenai cara pencegahan kavitasi pada pompa sentrifugal. Semoga bermanfaat..

Baca Juga