Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan

menentukan-jenis-lift
Menentukan Jenis Lift (aeonelevators.com)

Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan – Mekanisasi bangunan, terutama untuk suatu bangunan yang tinggi semakin hari semakin menonjol seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan gedung – gedung tinggi diseluruh dunia.

Gedung – gedung tinggi bukanlah hanya hasil karya pada arsitek dan insinyur struktur saja melainkan juga merupakan hasil karya dari berbagai ahli lain diantaranya insinyur mesin, elektro, dan juga fisika teknik.

Dalam perencanaan bangunan – bangunan tinggi diperlukan pemikiran timbal balik dengan pertimbangan fungsi, struktur, estetika dan persyaratan mekanikal dan elektrikal. Salah satu hal yang harus dipikirkan pertama kali saat merencanakan bangunan yang memiliki banyak tingkat adalah mengenai transportasi vertikal khususnya untuk transportasi manusia. Transportasi vertikal dalam bangunan bertingkat adalah lift atau elevator.

Berikut ini adalah langkah – langkah cara untuk menentukan jenis lift mana yang harus digunakan. Walau teknologi serta perencanaan lift bisa sangat rumit tapi secara umum ada langkah – langkah mudah yang dapat dipakai sebagai acuan.

Menentukan tinggi perjalanan

Menentukan Tinggi Perjalanan Lift (buildingutility.wordpress.com)
Menentukan Tinggi Perjalanan Lift (buildingutility.wordpress.com)

Hal yang penting dalam memilih lift yang optimal untuk suatu proyek ialah jarak tempuh vertikal optimum dari lift. Tinggi perjalanan lift menentukan jenis lift yang harus dipilih. Nah berikut ini rekomendasi pemilihan jenis lift untuk setiap ketinggian:

  1. Perjalanan dibawah 6 meter rekomendasi memakai jenis Hydraulic Elevator.
  2. Perjalanan dari 4,5 sampai 7,5 meter rekomedasi memakai jenis Telescopic Hydraulic Elevator.
  3. Perjalanan dari 4,5 sampai 18 meter memakai jenis roped hydraulic elevator. Untuk medan yang berair akan sulit untuk mengebornya, penuh resiko sehingga menjadikan biaya pembangunannya menjadi mahal.
  4. Perjalanan dari 15 ke 217 meter memakai system Gearless Traction.

Menentukan Ukuran dan Jumlah Lift

menentukan-jumlah-dan-ukuran-lift
Ukuran lift (lagio.id)

Ukuran serta jumlah lift pada dasarnya di tentukan oleh populasi setiap lantai, penggunaan gedung serta tipe gedung. Nah sebagai tambahan, lift juga harus memenuhi aturan dan ketentuan nasional maupun local.

Baca Juga  Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE

Kebanyakan Negara menentukan kapasitas beban minimum sebesar 1100 kg, memakai pintu terbuka samping. Sedangkan untuk bangunan lebih tinggi lift dengan pintu bukaan tengah dengan kapasitas 1550 kg umum dipakai.

Mempersiapkan Jalur Lift

Jalur Lift (pontianak.tribunnews.com)
Jalur Lift (pontianak.tribunnews.com)

Ruang tambahan untuk jalur lift diperlukan untuk mengakomodasi penguatan rel pada zona seismic 2 atau lebih.

Mempersiapkan Ruang Mesin

Control Panel Lift (abtech-lift.com)
Control Panel Lift (abtech-lift.com)

Lift hidrolik membutuhkan ruang mesin yang terpisah. Walau sering ditempatkan bersebelahan dengan hoistway didasar landasan pendaratan, namun juga bisa diletakkan secara terpisah. Untuk system traksi, ruang mesin diletakkan diatas hoistway.

Demikian artikel dari Kontraktor ME mengenai Cara Menentukan Jenis Lift yang Harus Digunakan. semoga bermanfaat.

Baca Juga

Baca Juga  Kemeriahan Acara HUT Alkonusa Ke-18 dengan Nuansa Pesawat Terbang