8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat

Cara Supaya Biaya Listrik AC Hemat
Cara Suoaya Biaya Listrik AC Hemat

8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat – AC (Air Conditioner) merupakan suatu mesin yang di pakai untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

AC banyak dipakai sebagai pendingin ruangan. Terutama di kota-kota besar, dengan mayoritas penduduk kalangan menengah ke atas. Dan AC sendiri memiliki banyak jenisnya (Macam – macam Jenis AC Pendingin Ruangan).

Banyak yang tidak sadar, jika dalam penggunaan AC yang salah dapat membuat tagihan listrik kamu membengkak. Mengingat Pentingnya AC Pendingin dalam suatu Ruangan, Berikut ini kami akan memberikan tips cara supaya biaya listrik ac kamu jadi lebih hemat.

1. Atur Temperatur Suhu pada Posisi AUTO

Mengapa suhu di atur pada posisi auto? Karena temperatur AC akan menyesuaikan dengan keadaan ruangan.

2. Gunakanlah Stop Kontak dalam Pemasangan AC

Baiknya kamu tidak memasang kabel listrik AC tanpa memasang stop kontak. Walaupun AC bisa diset menggunakan remote sehingga lebih efisien, tapi alangkah baiknya jika kamu mematikan AC melalui stop kontak dengan cara mencabut colokannya. Tips ini tidak hanya membuat kamu bisa lebih hemat pengeluaran listriknya tapi juga mencegah terjadinya konsleting.

3. Matikanlah Lampu jika Memang tidak diperlukan

Mengapa lampu perlu dimatikan? karena cahaya lampu bisa menghasilkan panas, yang nantinya akan membuat AC sistem kamu bekerja lebih keras.

4. Jangan Lupa Untuk Menutup Ruangan Kamu

Pada Saat memakai AC alangkah baiknya tutuplah ruangan kamu. Usahakan tidak ada celah yang dapat membuat udara dingin keluar. Hal ini dilakukan agar kerja AC jadi lebih ringan serta yang pasti juga efisien. Menutup lubang-lubang udara di rumah anda akan mengurangi biaya pemakaian AC

Baca Juga  Mengenal Pompa Reciprocating

5. Lakukan perawatan Rutin AC Kamu

Supaya AC tidak mudah rusak dan tetap memiliki kinerja yang efisien maka lakukanlah perawatan AC sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pabriknya. Merawat AC dapat dilakukan dengan cara mengganti atau membersihkan saluran filter, mencuci unit outdoor rutin bagian indoor-nya secara berkala.

6. Kamu Bisa Sesuaikan Suhu Pada Remote

Sesuaikanlah temperature dengan pengaturan suhu di atas 20° celcius. Dengan suhu yang di setel semakin rendah, maka listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.

7. Letakkan Unit AC di Tempat yang Tepat

AC terdapat 2 bagian yakni bagian indoor yang diletakkan di dalam ruangan serta bagian outdoor yang diletakkan di luar ruangan. Jangan letakkan unit indoor di atas pintu maupun jendela karena dengan peletakkan yang demikian memungkinkan udara untuk berpindah ke ruangan lain.

Jangan letakkan unit Indoor terlalu dekat dengan plafon. Hal ini dilakukan untuk memberikan cukup ruang pada AC sehingga terjadi sirkulasi udara yang cukup dan ruangan lebih cepat dingin. Pastikan terdapat ruang udara yang cukup untuk meletakkan unit outdoor, jangan sampai pengeluaran udara panas dari AC terhalang atau terhambat.

8. Bisa Dijadikan Pertimbangan Untuk Memakai Jendela Reflektif untuk Mengurangi Jumlah Panas Yang Diserap

Setiap panas yang dihasilkan didalam rumahmu akan dihilangkan dengan sistem pendinginan AC kamu, jadi hindari hal-hal yang dapat menghasilkan panas didalam rumah kamu apabila memungkinkan Pastikan udara dingin yang keluar dari AC anda tidak terhalang oleh furnitur maupun tirai

Demikian tips 8 Cara Supaya Biaya Listrik AC Kamu Jadi Lebih Hemat, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga

Baca Juga  MACAM-MACAM JENIS PIPA AIR