5 Tips Menunaikan Ibadah Puasa untuk Para Pekerja Proyek

(src: www.bisnis.liputan6.com)
(src: www.bisnis.liputan6.com)

5 Tips Menunaikan Ibadah Puasa untuk Para Pekerja Proyek – Terkadang bulan puasa disalahartikan sebagai bulan yang santai, Justru malah sebaliknya, pada bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh semangat baik secara lahir maupun batin guna menjadi manusia yang lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya.

Bulan puasa dapat menjadi momentum yang bagus untuk bersyukur atas nikmat pekerjaan yang kita bisa kerjakan sehingga tetap bisa melaksanakan aktifitas kerja di proyek bangunan saat berpuasa.

Akan tetapi, tidak semua profesi pada proyek bangunan membutuhkan tenaga yang lebih dalam menjalankan aktifitasnya seperti seorang manager akan lebih banyak memakai pikirannya sedangkan tukang pada bangunan lebih banyak memakai tenaganya.

Nah berikut ini tips untuk kamu yang bekerja di proyek supaya di beri kelancaran dalam menunaikan ibadah puasa. Tips Menunaikan Ibadah Puasa untuk Para Pekerja Proyek:

Yakinkan Dalam Dirimu Bahwa Bekerja Juga Termasuk Ibadah

Bekerja juga Ibadah (src:www.harianbernas.com)
Bekerja juga Ibadah (src:www.harianbernas.com)

Yang pertama ialah harus kamu tekankan pada dalam diri kamu ketika mengalami penurunan kinerja, saat berpuasa ialah dengan meyakinkan diri kamu sendiri bahwa bekerja juga termasuk beribadah.

Baca Juga:

5 Cara Mengatasi Lelah dan Stress Saat Bekerja

5 Tips Cara Mendapat Kerja di Bidang Kontruksi

Memang diakui, bekerja saat puasa banyak sekali godaannya, mulai rasa lapar, haus dan yang paling berat ialah rasa malas dan ngantuk. Ketika kamu ingat bahwa pekerjaan adalah ibadah, maka dengan sendirinya kamu akan terpacu untuk lebih semangat dan lebih produktif dalam bekerja.

Jaga Selalu Stamina Supaya Ibadah dan Bekerja Berjalan Lancar

Tetaplah jaga stamina (src: www.merdeka.com)
Tetaplah jaga stamina (src: www.merdeka.com)

Supaya aktifitas bekerja tidak terganggu karena puasa, manfaatkan makan sahur sebaik mungkin. Sunnah sahur ialah saat – saat terakhir menjelang waktu imsak, jadi dengan makan pada saat terakhir akan memberikan cadangan tenaga lebih disaat siang hari, sehingga pekerjaan lapangan pun bisa dikerjakan dengan semangat.

Baca Juga  Mengenal Pompa Reciprocating

Susunlah Daftar Pekerjaan Saat Berpuasa

Menyusun daftar pekerjaan saat puasa (src: www.klikcara.com)
Menyusun daftar pekerjaan saat puasa (src: www.klikcara.com)

Membuat list pekerjaan dapat membantu kamu supaya tetap produktif walaupun dalam keadaan lapar dan haus. Buat mana pekerjaan yang harus di kerjakan terlebih dahulu.

Untuk menghindari tekanan dalam bekerja yang berlebihan saat berpuasa, buatlah daftar prioritas serta bobot dari semua pekerjaan kamu. Utamakan pekerjaan kamu yang mempunyai skala prioritas utama berbobot kecil supaya kamu dapat mengerjakannya dengan cepat dan mudah, maka itu berarti kamu telah terhindar dari tekanan yang bernama deadline.

Bekerjalah Sesuai dengan Kemampuan

Bekerja sesuai dengan kemampuanmu (src: www.blog.lowongan.id)
Bekerja sesuai dengan kemampuanmu (src: www.blog.lowongan.id)

Melakukan pekerjaan yang diluar kemampuan tentu akan menyebabkan rasa berat, jadi akan lebih baik jika kamu membagi pekerjaan dengan teman pekerja yang lain supaya terasa ringan.

Jangan Lupa untuk Istirahat

Jangan lupa untuk istirahat (src: adhie.staff.ub.ac.id)
Jangan lupa untuk istirahat (src: adhie.staff.ub.ac.id)

Hal ini penting saat kamu bekerja saat berpuasa, walau sebentar namun usahakan kamu dapat istirahat. Istirahat pada siang hari di sela pekerjaan sangat bermanfaat dalam mengumpulkan kembali energimu. Istirahat dapat berupa tidur siang, Sekedar bercanda ringan dengan teman sejawat juga bisa menyegarkan kembali kepenatan Anda.

Intinya ialah kamu dapat lepas dari pekerjaan kamu untuk sesaat, jangan sampai kamu memforsir diri kamu dalam pekerjaan.

Demikian lah tips menunaikan ibadah puasa untuk para pekerja proyek, jika kamu memiliki tambahan tips, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Selamat menunaikan ibadah puasa..

Baca Juga

Baca Juga  5 Tips Cara Mendapat Kerja di Bidang Kontruksi