5 Cara Mengatasi Lelah dan Stress Saat Bekerja

Lelah dan stress saat bekerja (www.liputan6.com)
Lelah dan stress saat bekerja (www.liputan6.com)

5 Cara Mengatasi Lelah dan Stress Saat Bekerja – Jika kamu terlalu lama bekerja di fabrikasi konstruksi, site proyek, maupun di kantor dapat menyebabkan kelelahan. Belum lagi ditambah oleh tumpukan pekerjaan yang belum kamu selesaikan dapat membuat kamu capek dan stress.

Kelelahan adalah kejadian yang umum terjadi jika seseorang bekerja. Rasa lelah pada dasarnya ialah tanda bahwa tubuh butuh yang namanya istirahat. Jika terjadi kelelahan, seseorang akan mengalami peningkatan kesulitan dalam melakukan kerja baik fisik maupun mental.

Kelelahan biasanya ditandai oleh rasa letih/lesu serta kesulitan dalam berkonsentrasi, Nah untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu menyimak beberapa tips dibawah ini yang akan kami uraikan dalam beberapa poin.

Atur Waktu Kerjamu dengan Baik

Atur waktu kerja dengan baik via www.hipwee.com
Atur waktu kerja dengan baik (www.hipwee.com)

Untuk mencegah rasa lelah yang  dating berlebihan saat berada di tempat kerja, salah satu caranya ialah mengatur waktu kerja kamu dengan baik. Gunakanlah waktu secara efisien dan maksimal. Mungkin kamu perlu yang namanya membuat daftar kerja yang disesuaikan dengan skala prioritas. Jika pekerjaan yang belum kamu selesaikan terlalu banyak, jangan memaksakan diri, ada baiknya kamu istirahat sejenak untuk sekedar minum.

Hei, Katakan Tidak!

katakan-tidak
Katakan tidak (www.idntimes.com)

Walau saat ini kamu menjabat sebagai karyawan, dan kamu sering ditugaskan oleh atasanmu maupun oleh seniormu di tempat kerja, tapi kamu juga memiliki hak untuk menolak sesuatu yang memang mereka perintahkan bila pekerjaan tersebut telah overload.

Baca Juga: 5 Tips Cara Mendapat Kerja di Bidang Kontruksi

Jelaskan pada mereka bahwa tugas yang memang perlu kamu selesaikan dalam waktu yang cepat masih banyak, serta kamu telah memiliki rencana untuk pekerjaan selanjutnya. Dan jika ini disampaikan dengan baik dan masuk akal, akan semakin menambah nilai plus buat kamu.

Baca Juga  Cara Pencegahan Kavitasi pada Pompa Sentrifugal

Kamu Harus Membuat Target

Buatlah target kerja (rumahwahyu.wordpress.com)
Buatlah target kerja (rumahwahyu.wordpress.com)

Kamu harus bisa membuat target dalam satu pekerjaan yang harus terselesaikan, hal ini penting untuk kamu lakukan. Tapi kamu juga harus membuat yang bersifat realistis supaya kamu tidak perlu bekerja ekstra. Nah Jika kamu sudah membuat target, maka kamu harus mengerjakannya semaksimal mungkin. Yang perlu kamu ingat, susunlah target dengan kemampuan yang kamu punya.

Ambilah Waktu untuk Istirahat Sejenak

Istirahat sejenak dalam bekerja (www.lifestyle.liputan6.com)
Istirahat sejenak dalam bekerja (www.lifestyle.liputan6.com)

Ketika lelah melanda, janganlah kamu untuk memaksakan diri, ada baiknya kamu untuk mengambil waktu sejenak hanya untuk beristirahat. Mungkin kamu dapat sekedar minum teh maupun kopi. Cari tempat khusus dan kamu dapat melepaskan kepenatan sejenak. Jika kamu bekerja dikantor kamu dapat melakukan istirahat dengan memejamkan mata sekitar 10 sampai 15 menit di ruangan kerja. Ssttt .. jangan sampai waktu ada bos kamu gunakan untuk tips ini.

Jangan Lupa Tetap Jaga Kesehatan

Tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh (www.vemale.com)
Tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh (www.vemale.com)

Walau kamu sedang sibuk dengan pekerjaan, tapi kamu musti dapat meluangkan waktu yang kamu punya untuk melakukan olehraga supaya tubuh kamu tetap segar serta sehat. Mungkin kamu dapat berolahraga di pagi hari sebelum berangkat bekerja. maupun melakukan olehraga ketika weekend, hal ini dapat membantu tahan tubuh terhadap penyakit yang siap melanda kamu serta rasa lelah yang kamu rasakan ketika bekerja.

Baca Juga

Baca Juga  Beberapa Komponen yang Ada Pada Panel LVMDP